Minggu, 31 Oktober 2010

Seniman Prancis Sajikan Gamelan Kontemporer


Surabaya - Seniman Prancis, Julie Bena, akan menyajikan karya "gamelan" kontemporer di Pusat Kebudayaan Prancis (CCCL) Surabaya pada 6-28 Juli.

"Di CCCL, Julie Bena akan menyajikan kreasinya yang terinspirasi oleh gamelan," kata Atase Pers Pusat Kebudayaan Prancis Surabaya, Pramenda Krishna, di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, perempuan kelahiran 1982 yang terkenal aktif berkarya dan berpameran di Prancis dan Eropa itu sengaja datang ke Kota Pahlawan untuk tinggal selama sebulan.

"Kedatangannya ke Surabaya untuk memeriahkan Festival Musim Semi Prancis di Surabaya yang kini memasuki tahun keenam," katanya.

Di CCCL, katanya, karya Julie Bena akan terpajang apik di gerai seni yang dibuka dengan diskusi pada 6 Juli pukul 18.30 WIB itu.

Oleh karena itu, masyarakat seni dapat menyaksikan proses kreatif karya gamelan instalasinya dari sejumlah bahan yang diperoleh di lingkungan sekitar dan keseharian.

"Namun, Julie berupaya mempertahankan kegunaan setiap material tersebut dan menjadikannya sebagai hal baru yang tak terpikirkan oleh kalangan awam," katanya.

Ia mengatakan karya instalasi perempuan multitalenta seni itu juga akan dipamerkan dalam festival festival gamelan internasional di Denpasar dan Yogyakarta.

"Program keliling dari Surabaya ke Denpasar dan Yogyakarta itu terjalin atas kerja sama dengan `Alliance Francaise` Denpasar dan Lembaga Indonesia-Prancis Yogyakarta," katanya.

Ia menambahkan Julie Bena selama di Surabaya juga akan memandu "workshop" dan bertemu dengan sejumlah seniman Surabaya untuk bertukar wawasan dan pengalaman. E011/Z002

Sumber : http://www.antaranews.com