Sabtu, 27 November 2010

Revitalisasi Bangunan Cagar Budaya Harus Jadi Prioritas

Rata PenuhJAKARTA--Revitalisasi bangunan cagar budaya seharusnya menjadi prioritas. Kepala Dinas Pariwisata, Arie Budhiman, mengharapkan pada APBD 2011 ada keberpihakan secara jelas untuk mulai memperhatikan bangunan cagar budaya yang ada di Jakarta.

Selama ini, sektor pariwisata ikut menyumbangkan pendapatan asli daerah (PAD). “Kenapa PAD yang kita berikan itu tidak dikembalikan saja untuk membangun dan mengelola kawasan pariwisata, termasuk bangunan cagar budaya,” cetusnya.

Untuk jangka menengah, pihaknya mengaku sudah menyusun dokumen perencanaan. Revitalisasi bangunan cagar budaya sebenarnya merupakan prioritas. “Kita akan fokus kepada kawasan Kota Tua yang akan dikembangkan,” katanya.

Namun, karena merupakan bangunan cagar budaya, Pemprov pun tidak bisa serta merta mengubah atau membangun kawasan tersebut. Ia mengakui kondisi Kota Tua masih jauh dari harapan terlebih untuk bisa menarik minat wisatawan lebih banyak. Padahal, kawasan ini sudah memiliki daya tarik tersendiri karena menyimpan nilai historis.

Menurutnya, jika tiga museum yang ada di Kota Tua beserta balai konservasinya betul-betul tampil secara prima, ia meyakini kualitas pengunjung akan meningkat. “Maka UPT Kota Tua dan museum di sinilah (Taman Fatahillah) yang paling bisa dijangkau untuk digerakkan untuk merawat dan mengoptimalkan potensi yang ada,” katanya.

Sumber : http://www.republika.co.id