Minggu, 28 November 2010

Ribuan Pelajar Bandung Mainkan Angklung

Bandung: Kesenian angklung dikukuhkn sebagai warisan budaya Indonesia oleh Badan Dunia untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Budaya UNESCO pada 18 November 2010. Warga Jawa Barat selayaknya berbangga karena alat musik yang terbuat dari bambu ini berasal dari daerah mereka.

Ekspresi kebanggaan itu antara lain ditunjukkan 2010 pelajar, mulai dari murid sekolah taman Kanak-kanak hingga mahasiswa se-Bandung Raya, Jumat (19/11). Mereka memainkan angklung secara massal pada acara pembukaan Monju West Java World Music Festival yang akan digelar selama dua hari di Monumen Perjuangan Rakyat Jabar di Kota Bandung.

Para pelajar itu membawakan sejumlah lagu secara medley, di antaranya lagu Dangdut is the Music of My Country yang dipopulerkan oleh Project Pop. Lagu ini kemudian diubah menjadi Angklung is the Music of My Country.

Rasa bangga pun ditunjukkan para pengajar sebuah taman kanak-kanak di Bandung. Mereka sengaja mengajarkan anak didiknya yang masih berusia dini untuk ikut memainkan alat musik yang terbuat dari bambu itu secara massal.

Setelah angklung dikukuhkan UNESCO menyusul batik yang telah dikukuhkan terlebih dahulu. Kini tinggal kita yang harus menjaga serta terus melestarikan seni budaya bangsa yang kini sudah diakui sebagai warisan budaya dunia.(ADO)

Sumber : http://berita.liputan6.com