Sabtu, 04 September 2010

Festival Palembang Darusalam di Buka

Palembang - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, H Marzuki Alie, membuka festival Palembang Darusalam XII di halaman Museum Sultan Mahmud Badarudin II, Minggu malam.

Dalam sambutannya, kegeiatan yang demikian dapat melibatkan raja-raja dari daerah lain, bahkan kerajaan melayu seperti Malaysia dan Brunei Daruslam.

"Kegiatan seperti harus ditingkatkan lagi, dan juga dislenggarakan dengan meriah yang melibatkan para raja-raja di tanah air dan juga raja melalyu di negara tetangga," tuturnya di hadapan Wali Kota Palembang H Eddy Santana Putra dan Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin dan tokoh masyarakat Kota Palembang.

Kegiatan tersebut, merupakan acara tahunan yang dislengrakan oleh Pemerintah Kota Palembang bekerjasama dengan Kerukunan Keluarga Palembang, dalam menyambut bula suci Ramadhan.

H Eddy Sanata Putra, Wali Kota Palembang mengatakan, kesiapannya dalam meramaikan kota tertua itu, pihaknya telah menyiapkan areal yang dapat dipergunakan untuk melakukan acara yang ada kaitannya dengan seni dan budaya.

Ia berharap, kedepan kegiatan kegiatan yang demikian itu akan dioptimalkan dnegan menganggarkan melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kota Palembang, sehingga dapat terselenggara dengan lebih baik lagi.

Sementara Gubernur Suumsel, H Alex Noerdin menyampaikan, kegiatan fastival untuk tahun depan bakal di geser pelaksanaannya.

Menurut dia, tujuan pergeseran dilakukan guna ikut merayakan pembukaan SEA Games XXVI tahun 2011.

"Dengan demikian kesenian daerah kita, dapat di saksikan oleh mereka yang datangnya dari negara tetangga, yang turut dalam kontigen olehraga tingkat Asia Tenggara," paparnya.(*)

Sumber : http://www.antaranews.com