Sabtu, 04 September 2010

Kapal Convergence Juara Sail Banda

AMBON- Kapal Layar Convergence dari Amerika Serikat menjuarai kegiatan pelayaran internasional Sail Banda 2010, dan berhak atas trofi dari Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad.

Trofi itu diserahkan oleh Wakil Gubernur Maluku Said Asagaff kepada pemenang pada upacara penyambutan peserta di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tantui, Kota Ambon, Selasa (3/8) malam.

Kapal Convergence bertipe multiholl yang dinakhodai Randolph Kent Repass itu merupakan satu-satunya kapal yang tiba di Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah, pada Senin (26/7) pukul 16.45 WIT setelah flag off dari Dermaga Cullen Bay Darwin, Australia Utara, 24 Juli lalu.

Juara kedua pada even internasional itu yakni Kapal Layar Pegasus (Inggris) dengan kapten Jason Charles Lawrence yang berada di posisi kedua dan berhak atas Piala Gubernur Maluku.

Kapal Firts Light III (Australia) yang dinakhodai Bernard John McGoldrick yang tiba pada Selasa (27/7) sekitar pukul 08.00 WIT ditetapkan sebagai juara III dan mendapatkan piala panitia Sail Banda.

Selain ketiga kapal itu, lima kapal layar lainnya, yakni Catspaw (Inggris) dengan kapten Peter Richard Whitby, Kapal Magnetic (Selandia Baru/Trevor Clifford Clark), dan Kapal Erica (Selandia Baru/Erick Frederik Gray).

Berikutnya, Kapal Umbra Luna (Australia/Dale Lynn Clemons) serta Kapal Layar Miranda I (Australia) dengan kapten Goyffrey Philip Rawlins Birch menerima plakat sebagai partisipan yang finish paling cepat.

Said Assagaff, Ketua Panitia Lokal Sail Banda, mengatakan, hingga Selasa malam tercatat baru 24 kapal layar yang tiba di
PPN Tantui. Mereka lantas mengikuti upacara penyambutan dan penyerahan hadiah kepada delapan kapal layar yang menjadi juara.

"Mungkin karena cuaca yang tidak mendukung sehingga peserta lainnya terlambat tiba di Ambon," katanya.

Dia berharap para peserta lainnya akan tiba di teluk Ambon hingga 7 Agustus mendatang.

LOmba layar dalam rangkaian kegiatan Sail Banda 2010 yang diikuti 49 kapal layar dari lima negara itu bertujuan mengembalikan kepercayaan dunia internasional terhadap kondisi keamanan di Maluku.

Peserta dilepas oleh Menko Kesra, Agung Laksono dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad dari Dermaga Cullen Bay Darwin, Australia Utara, 24 Juli.

Kemudian, mereka tiba di Banda untuk menikmati keindahan pariwisata di kepulauan penghasil pala itu. Selanjutnya, mereka berangkat dari Banda menuju Ambon pada 30 Juli 2010 sekitar pukul 15.00 WIT.

Assagaf mengatakan peserta Sail Banda yang telah tiba lebih awal akan mengikuti kegiatan darmawisata ke berbagai objek wisata di Kota dan Pulau Ambon. (Ant/OL-3)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com