Sabtu, 04 September 2010

Karawang Bangun Miniatur Budaya 300 Kerajaan Nusantara

Oleh : Nanang Sutisna

Karawang - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, merilis rencana pembangunan miniatur budaya 300 kerajaan se-nusantara di daerahnya.

“Para raja di 300 kerajaan yang ada di Indonesia kini sedang melakukan rapat-rapat intensif untuk segera mewujudkannya,” kata Dadang S Muchtar, Bupati Kabupaten Karawang, saat dihubungi Tempo, Rabu (4/8).

Jika rencana rinci pembangunan miniatur budaya 300 kerajaan tersebut dinilai sudah selesai pengkajiannya, lanjut Dadang, para raja akan segera menghadap Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono untuk merestuinya.

Tapi, Dadang masih belum bisa memastikan kapan waktu pembangunan miniatur budaya tersebut akan direalisasikan.

Menurut Dadang, pembangunan miniatur budaya 300 kerajaan tersebut akan menjadi suguhan karya monumental era kepemimpinan Presiden SBY.

“Jika pada zaman Pak Sokearno di bangun Monas, zaman Pak Harto dibangun Taman Miniatur Indonesia Indah, maka pada zaman Pak SBY dibangun monumen budaya 300 kerajaan itu,” papar Dadang.

Rencana pembangunan miniatur budaya 300 kerajaan di wilayah Karawang tersebut, ujar Dadang, akan memerlukan areal lahan sedikitnya seluas 300 hektare.

Lokasinya berada di lingkungan sabuk kawasan industry dan bisnis Karawang, di areal lahan tadah hujan dan sebagian lahan milik Perhutani. “Kami, kini sedang mengajukan permohonan tukar guling lahan ke pihak Perhutani,” kata Dadang.

Keberadaan lokasi mniatur budaya 300 kerajaan se-Nusantara tersebut, jika terealisasi nantinya akan berada satu kawasan dengan komplek pemakaman modern Sandiago Hills.

Akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk pusat perbelanjaan modern yang kini berkembang dengan pesat.

Sumber : http://www.tempointeraktif.com