Sabtu, 04 September 2010

Kesenian Berdah Masuk Sekolah

TEMBILAHAN, — Pemerintah Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, mengupayakan kesenian tradisonal berdah dimasukkan dalam kurikulum ekstrakurikuler di sekolah-sekolah di kecamatan tersebut.

"Langkah ini dalam upaya melakukan regenerasi seni tradisi berdah," kata Camat Mandah, Muhibuddin, kepada Antara, di Mandah, Jumat (6/8/2010).

Ia mengharapkan, dengan adanya kegiatan pelajaran ini di kalangan para pelajar, akan menimbulkan kecintaan dan semangat untuk belajar serta melestarikan tradisi kesenian berdah. Saat ini, kesenian berdah hanya dimainkan kalangan tua sehingga memerlukan regenerasi.

Menurut dia, masuknya kesenian tradisional tersebut sebagai kegiatan ekstrakurikuler sekolah juga untuk menjaga agar kesenian tradisional islami ini tidak punah.

Selain itu, dalam upaya menimbulkan kecintaan dan melestarikan kesenian berdah tersebut, Pemerintah Kecamatan Mandah bersama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir akan menggelar Festival Berdah se-Indragiri Hilir yang akan dipusatkan di Kelurahan Khairiah Mandah, Kecamatan Mandah.

"Diperkirakan, helat seni ini akan digelar sekitar bulan September dan Oktober mendatang," katanya.

Berdah merupakan seni islami yang hampir merata di daerah Riau, yakni berupa pembacaan riwayat Nabi Muhammad SAW yang dibawa secara bersenandung dengan diiringi pukulan rebana. Biasanya, ketika kisah menceritakan nabi masuk kota Madinah, maka seniman berdah berdiri sebagai tanda memberi hormat kepada nabi. Kesenian ini biasanya digelar ketika ada acara pernikahan dan acara penting lainnya.

Kesenian tradisional ini telah hidup dan berkembang sejak zaman dahulu dan bagian dari media penyebaran agama Islam di Kecamatan Mandah.

Berdasarkan bukti yang ada dan fakta sejarah, tokoh yang menyebarkan Islam di Kecamatan Mandah adalah Datuk Geronggang. Makam penyebar Islam ini terdapat di Desa Bente, Kecamatan Mandah. Kompleks makam ini juga menjadi tujuan wisata sejarah kaum Muslim di Indragiri Hilir.

Sumber : http://oase.kompas.com