Jumat, 03 September 2010

Sail Morotai 2012 Mulai Digemakan

TERNATE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai, Maluku Utara, mulai menyosialisasikan penyelenggaraan Sail Morotai pada 2012 kepada masyarakat dan berbagai pihak terkait lainnya di daerah itu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pulau Morotai, Ismail, ketika dihubungi dari Ternate, Selasa (31/8), mengatakan, tujuan dari sosialisasi tersebut adalah mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menyukseskan penyelenggaraan kegiatan itu. Partisipasi masyarakat itu di antaranya menjaga keamanan dan ketertiban, menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, serta tidak lagi melakukan kegiatan yang dapat merusak kelestarian lingkungan laut.

Selain itu, kata Ismail, masyarakat di Pulau Morotai diharapkan mendukung program pemkab setempat dalam penanaman pohon bakau di sepanjang pesisir pantai Pulau Morotai dan Pulau-pulau kecil lainnya di daerah itu. Sementara partisipasi yang diharapkan dari berbagai pihak terkait lainnya di Pulau Morotai seperti para pengusaha dalam melaksanakan aktivitas usahanya tidak merusak kelestarian lingkungan, terutama lingkungan laut.

Ia mengatakan penyelenggaraan Sail Morotai akan memberi kontribusi besar bagi Kabupaten Pulau Morotai, khususnya dalam upaya memperkenalkan potensi pariwisata dan investasi di darah itu. Kegiatan bertaraf internasional tersebut akan dihadiri peserta dari berbagai negara. Selain itu, akan diliput pula oleh media massa nasional dan asing. Itu semua sangat membantu Pulau Morotai dalam mempromosikan potensi pariwisata dan investasinya.

"Kabupaten/kota lainnya di Maluku Utara juga akan ikut menikmati manfaat dari penyelenggaraan Sail Morotai tersebut. Posisinya dalam mempromosikan potensi pariwisata dan investasinnya. Untuk itu, mereka diharapkan ikut berpatisipasi dalam menyukseskan penyelenggaraan kegiatan itu, " katanya.

Masalah mendasar yang di hadapi Pemkab Pulau Morotai untuk menyukseskan penyelenggaraan Sail Morotai adalah terbatasnya infrstruktur penunjang, seperti jalan dan jembatan, pelabuhan, bandara, hotel, listrik, dan berbagai fasilitas umum lainnya. (Ant/OL-5)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com