Jumat, 03 September 2010

Unta Raksasa Incar Juara

BANJARMASIN - CUACA panas di Senin (30/8/2010) siang, tak mengurangi semangat lima personel Pangkalan Udara (Lanud) Syamsudin Noor mengerjakan pembuatan kerangka tanglong di halaman Masjid Nurul Iman, Banjarbaru.

Kerangka berbentuk masjid tersebut selanjutnya dihias dan kemudian diikutkan pada Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur, Sabtu malam 4 September mendatang di Lapangan Murdjani Banjarbaru.

"Kami siap mengirimkan tim tanglong dan bagarakan sahur. Kami optimistis meraih salah satu gelar juara," kata Lettu Sus Sundoko mewakili Komandan Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor, Letkol Pnb Singgih Hadi.

Demi memenuhi ambisi itu, tim lanud telah menyiapkan tema muslim dalam melestarikan budaya Banjar.

Tak hanya mengandalkan tim tanglong, regu bagarakan sahur pun disiapkan secara serius.

"Kami sudah siapkan beragam alat musik, perpaduan dari tradisional dan modern juga perkakas, seperti galon air, aneka alat musik kentongan, angklung, dan alat musik bambu lainnya. Pokoknya bakal ramai," katanya.

Sementara itu, pantauan Metro di tempat lain, persiapkan juga sedang dilakukan tim tanglong peraih gelar terbaik pertama pada 2009, Langgar At-Taqwa Kompleks Beringin Simpang Empat Banjarbaru.

Kendaraan hias didesain bermandikan cahaya. Suasana padang pasir begitu kental lewat sebuah boneka unta raksasa. Yang menarik unta tersebut bisa bergerak-gerak.

"Unta itu nantinya bisa beraksi seperti makan sesuatu, lalu ada boneka penunggangnya yang bisa naik sendiri. Unta tersebut terkesan berjalan di atas mobil hias," ujar Irianto, kreator kendaraan hias tim Langgar At-Taqwa Kompleks Beringin.(kur)

Sumber : http://www.banjarmasinpost.co.id