Jumat, 12 November 2010

Angkat Ciri Khas Tari-tarian Bontang

LKBUI –PKTV Gelar Workshop Tari Tradisional (berita kesenian)
BONTANG - Didorong kepedulian terhadap seni budaya Indonesia terutama seni budaya tradisional Ligatari Krida Budaya Universitas Indonesia (LKBUI) melalui Tim Management bekerjasama dengan Publik Khatulistiwa Televisi (PKTV) akan menggelar workshop tari tradisional di Hotel Equator 29 April mendatang. Workshop tersebut akan dipandu oleh Tom Ibnur, salah satu kreografer tari melayu berasal dari Jambi.

“Tari tradisional membutuhkan perhatian semua pihak terutama pemerintah yang harus concern dan berkomitmen dalam pembinaan kesenian dan budaya tradisional,” jelas Tom Ibnur.
Tom Ibnur terlahir dengan nama Arison Ibnur Ibrahim di Padang, kelahiran Sumatera Barat 15 Mei 1957. Lulus Akademi Teknologi Industri Padang bidang Analisis Kimia (1978), Institut Kesenian Jakarta (IKJ) bidang Koreografi. Saat ini dia menjabat Direktur Eksekutif Kajanglako Art Centre Jambi dan Kurator di Esplanade Singapore.

Tom berharap dari workshop ini dapat ditemukan ciri khas tari- tarian Bontang untuk dikembangkan lebih jauh. Alasannya, tari-tarian Bontang seperti Jepen dapat ditemukan dibanyak daerah lain di Kaltim. “Kita ingin mengangkat ciri khas tari-tarian asal Bontang yang berbeda dengan daerah lain. Tidak saja tari-tarian Jepen, tapi mungkin juga dari tari-tarian yang berasal dari luar Bontang misalnya Jawa, Bugis dan lainnya,” terang Tom Ibnur yang telah menciptakan lebih dari 300 karya tari yang dipentaskan dalam berbagai festival di Indonesia maupun mancanegara.

Direktur PKTV Sutrisna mengatakan, workshop ini merupakan salah satu program dari PKTV dalam rangka turut mengembangkan seni budaya lokal khususnya tari-tarian tradisional. “Para seniman tari yang berada di Kaltim dan berniat mengikuti workshop ini dapat menghubungi panitia,” ujarnya. (hms1).

Sumber: www.kaltimpost.web.id