Minggu, 07 Agustus 2011

Pameran Mahasiswa ISI di Bentara Budaya Bali

Jakarta - Sebagaimana program Akademika Bentara sebelumnya, pada awal bulan Juni ini, Bentara Budaya Bali kembali merangkul civitas akademika untuk menuangkan gagasan serta mengekspresikan kreativitas mereka melalui diskusi maupun pameran karya. Bekerjasama dengan ISI Denpasar (Institut Seni Indonesia), akan digelar pameran karya-karya Seni Rupa, Desain Interior, Desain Grafis, Kriya Seni, serta Fotografi di Bentara Budaya Bali.

Acara yang akan dibuka oleh Prof. Dr. I Wayan Rai., MA. pada Selasa, 7 Juni 2011 ini, menampilkan karya-karya dua dimensi hasil kreativitas mahasiswa Jurusan Seni Rupa Murni, Jurusan Desain Program Studi Desain Interior dan Program Studi Desain Komunikasi Visual serta Program Studi Fotografi. Di samping itu, akan dihadirkan pula karya-karya tiga dimensi semisal seni instalasi, patung, dan lain sebagainya. Pameran ini merupakan program FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) ISI Denpasar, sekaligus sebagai Tugas Akhir mahasiswa semester genap tahun 2010/2011 yang akan mempertanggungjawabkan karyanya melalui presentasi dan diskusi.

Staff Budaya BBB, Juwitta Katrina Lasut menyampaikan bahwasanya selain membuka ruang pada seniman mumpuni dan berdedikasi serta yang tengah meneguhkan eksistensinya, Bentara Budaya Bali juga memberi apresiasi bagi upaya-upaya edukasi terkait pengembangan bakat dan pencapaian prestasi seni. “Kami menyambut baik upaya kerjasama ISI Denpasar dalam penyelenggaraan pameran yang menampilkan karya 63 mahasiswa,” tuturnya.

Pameran yang akan berlangsung selama seminggu, sedari 8 – 15 Juni ini, mengambil tajuk “Life Style” atau gaya hidup. Karya-karya mereka tentu menarik untuk dicermati dan disimak, menimbang selama ini perguruan-perguruan tinggi seni, termasuk ISI Denpasar, telah terbukti turut menyumbangkan pemikiran-pemikiran baru serta membangun kehidupan kreatif. Juwitta Katrina Lasut juga menambahkan bahwa tidak sedikit seniman-seniman Indonesia berprestasi mulai terasah bakatnya sewaktu yang bersangkutan menempuh studi di perguruan atau institut seni. Dengan demikian kehidupan kampus yang sehat, dinamis serta demokratis, layak diperjuangkan bersama.

Melalui agenda Akademika, Bentara Budaya Bali membuka seluasnya kerjasama dengan perguruan tinggi, universitas serta unit-unit kegiatan mahasiswa. Selain sebagai sarana ekspresi bagi pengembangan bakat, minat dan pribadi yang unggul, agenda ini juga diharapkan dapat mendorong tumbuhnya budaya berpikir kritis serta kepedulian sosial kalangan muda.