Rabu, 21 Oktober 2009

Pariwisata Indonesia Peringkat 81 Dunia

Jakarta - Secara bertahap, industri pariwisata nasional terus merangkak bangkit. Yang paling mutakhir, berdasar survei World Economic Forum pada 2009, Indonesia kini menempati posisi 81 dari 133 negara di dunia dalam hal daya saing pariwisata. Indeks daya saing kepariwisataan itu dinilai dari tiga hal yakni kerangka regulasi, infrastruktur dan bisnis, serta sumber daya manusia, budaya, dan alam.

“Tiga indeks itu kemudian terbagi 14 sub indeks yang dinilai dan hasilnya posisi daya saing Indonesia pada 2009 ada pada peringkat 81 dan itu membanggakan,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Destinasi Pariwisata, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar), Firmansyah Rahim, di Jakarta, Ahad (18/10) kemarin.

Firmansyah mengatakan, Indonesia terbilang unggul dari sisi kompetitivitas harga dalam industri pariwisata. Namun sayangnya, kata dia, Firmansyah menempati peringkat 130 khusus di bidang lingkungan yang berkelanjutan. Secara keseluruhan, Indonesia dinilai kurang baik dari sisi kerangka regulasi mulai dari peraturan dan kebijakan, lingkungan, kea-manan dan keselamatan, serta kebersihan dan kesehatan. Namun untuk soal prioritas pariwisata, Indonesia berhasil merebut posisi 10 besar.(zul/jpnn)

Sumber: http://www.riaupos.com