Rabu, 27 Januari 2010

Turis Buru Minuman Rumput Laut

Written by anton

Tanjungpinang - Ramainya suasana kejuaraan Dragon Boat Race yang digelar oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang yang digelar dari tanggal 6 - 9 November 2009 dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat serta UKM dengan menggelar jualan aneka panganan dan kerajinan yang berciri khas dari Kepri.

Satu di antaranyanya stand pameran yang menjajakan makanan dan minuman yang berasal dari rumput laut.

Stand yang hanya berukuran dua kali tiga meter persergi ini dikelola para ibu rumah tangga yang berdomisili di Jalan Perikanan, Kelurahan Kampung Baru, Tanjungpinang. Mereka tergabung dalam kelompok usaha bersama (Kube) Sari Rumput Laut. Hasil olahan rumput laut itu disajikan dalam bentuk makanan dan minuman seperti bakso, kerupuk, dodol bahkan jus dan sirup.

Menurut pengurus Kube Sari Rumput Laut, Yanti, pameran makanan dan minuman yang bersumber dari rumput laut ini sebagai bentuk usaha serta promosi sekaligus mengenalkan hasil rumput laut ke masyarakat umum. “Kita mencoba mengenalkan dan mempromosikan semua panganan dan minuman bersumber dari rumput laut hasil buatan kami dalam pameran ini,” kata Yanti.

Yanti menambahkan, usaha budidaya rumput laut ini dipandang sangat menjanjikan dan menguntungkan dilihat dari hasilnya. Untuk ke depan para ibu rumah tangga ini merencanakan akan membuat makanan yang bersumber dari rumput laut ini dalam jumlah besar dan akan langsung memasarkan ke supermarket dan beberapa tempat lainya.

“Ke depannya, sambil menunggu adanya ijin dari Dinas Kesehatan Tanjungpinang serta menunggu uluran modal, kita akan mempromosikan makanan ini hingga masuk ke supermarket dan beberapa tempat lainya,” kata Yanti.

Yanti mengatakan bahwa panganan hasil rumput laut ini nantinya tidak hanya untuk di konsumsi lokal saja, namun juga akan segera mempromosi produk ini sebagai salah makanan khas asal Tanjung pinang dalam bentuk bingkisan. “Biasanya para turis dan wisatawan baik lokal maupun mancanegara suka akan makanan jenis itu,” kata Yanti. (isu)

Sumber: http://tribunbatam.co.id