Senin, 22 Februari 2010

NTB Targetkan Sejuta Wisatawan pada 2012

PROVINSI Nusa Tenggara Barat menargetkan kunjungan sejuta wisatawan pada 2012. Target kunjungan sejuta wisatawan pada 2012 itu merupakan salah satu isi dari rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Provinsi NTB.

"Target kunjungan wisatawan tersebut jauh melebihi sasaran tahun 2009 sekitar 400 wisatawan," kata kata kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Lalu Gita Aryadi di Mataram, Sabtu (20/2).

Ia mengatakan target kunjungan sejuta kunjungan wisatawan tahun 2012 tersebut diyakini tercapai karena letak NTB berada pada jalur segi tiga emas, yakni sebelah barat Pulau Bali, sebelah timur Pulau Komodo, NTT dan sebelah selatah Tana Toraja, Sulawesi selatan.

Pembangunan bidang pariwisata yang memiliki daya saing internasional merupakan obsesi yang akan menempatkan NTB sejajar dengan daerah pariwisata lainnya di Indonesia bahkan dalam skala internasional seperti Thailand, Malysia dan Singapura.

Menurut dia dipilihnya tahun 2012 sebagai tahun kunjungan wisata NTB didasarkan pada asumsi bahwa beroperasinya Bandara Internasional Lombok (BIL) di Kabupaten Lombok Tengah akan menambah jumlah kunjungan wisatawan.

"Untuk mendukung kunjungan wisatawan ke NTB, salah satu faktor yang sangat menentukan adalah keberadaan Bandara Internasional Lombok di Tanak Awu, Kabupaten Lombok Tengah yang diharapkan rampung tahun 2010," katanya.

Ia mengharapkan berbagai jenis pesawat berbadan lebar akan mendarat di BIL dengan membawa wisatawan langsung dari negara masing-masing seperti Australia dan negara-negara di Eropa.

"Selama ini turis asing yang banyak berkunjung ke NTB berasal dari Belanda, Jerman dan Australia," katanya. (Ant/Ol-5)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com