Kamis, 18 Februari 2010

Pelajari Bahasa dan Budaya Sebelum Traveling

Oleh Adinda Putri

Pergi ke sebuah negara yang budaya, adat istiadat serta bahasanya berbeda dengan negara asal merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Jika Anda memiliki kesempatan untuk kedua kalinya kesana, Anda akan merasa lebih bersentuhan dengan masyarakat dan budaya lokal.

Berikut adalah beberapa ide untuk Anda mulai merealisasikan keinginan Anda tersebut.

Di rumah
-. Buatlah catatan kecil dan pasang di sekitar rumah (misal: pintu kamar, kaca kamar mandi, pintu kulkas) dengan kata-kata yang pasti sering diucapkan ketika Anda ke sana.

Contoh, jika Anda akan berkunjung ke Prancis, pelajari kata-kata seperti: pintu (la porte), jendela (fenêtre), sepatu (souliers), kemeja (chandail), apel (pomme), dan lainnya.

-. Mintalah kepada seluruh keluarga untuk terlibat dalam program pembelajaran bahasa. Selain itu, pergilah ke toko buku dan perpustakaan lokal untuk mendapatkan pilihan buku yang mencakup CD atau kaset belajar bahasa asing.

-. Ambilah keuntungan dari banyak belajar bahasa gratis dari situs di internet. Beberapa situs bahkan akan menghubungkan Anda dengan orang lain di seluruh dunia yang akan berbicara dalam bahasa yang akan Anda pelajari.

-. Membeli beberapa buku resep dalam bahasa yang Anda pelajari. Sering kali, buku memasak tidak hanya memberikan resep, tetapi juga menceritakan tentang budaya negaranya.

-. Cobalah untuk berbicara satu sama lain dalam bahasa tersebut di sekitar rumah. Kosakata dan frasa akan tumbuh secara perlahan.

-. Beli travel guide di toko buku langganan Anda. Pelajari tentang berbagai tempat yang rencananya akan Anda kunjungi.

-. Apakah Anda memiliki keluarga atau teman di negara tersebut? Berkomunikasilah menggunakan telepon atau email adalah cara sempurna untuk mempraktekkan bahasa.

Di luar lingkungan rumah
-. Selama perjalanan Anda di dalam pesawat, manfaatkan waktu yang ada untuk terus mempelajari bahasa dengan mendengarkan CD atau kaset panduan.

-. Jika Anda tidak ingin kerepotan dengan membawa CD atau kaset panduan secara bersamaan, masukkanlah musik, cerita dan belajar bahasa ke dalam iPod agar mudah Anda membawanya kemanapun akan pergi.

-. Biasakan diri Anda dan keluarga untuk makan di sebuah restoran tujuan. Ini akan menyenangkan untuk membaca menu dalam bahasa lain. Lakukan yang terbaik saat berbicara kepada pelayan.

-. Kunjungi museum seni lokal dan berkonsentrasi pada karya-karya seniman asing.

-. Cari tahu apakah masyarakat memiliki klub budaya lokal untuk negara tersebut. Jika demikian, mereka tentu saja memiliki kegiatan bertamasya bersama keluarga yang tentu saja akan memberi Anda kesempatan untuk mengenal dan berbicara dengan penduduk asli.

Ketika Anda pergi
Kebanyakan penduduk lokal sebuah negara sangat bangga dengan warisan, budaya dan bahasa yang mereka miliki, sehingga ketika Anda berkunjung kesana persiapkan diri semaksimal mungkin agar dapat membuat perjalanan Anda jauh lebih menyenangkan.

Orang-orang akan sangat menghargai upaya Anda untuk mencoba berbicara menggunakan bahasanya, dan Anda akan menerima lebih banyak kenikmatan dari interaksi yang dilakukan dengan orang-orang asing tersebut. (*/OL-5)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com