Minggu, 28 November 2010

Cagar Budaya Lombok Barat Segera Direnovasi

LOMBOK BARAT: Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Dinas Pekerjaan Umum segera melakukan renovasi cagar budaya di Kabupaten Lombok Barat.

"Kami dalam perencanaan 2011 mengajukan renovasi untuk kawasan Pura Lingsar dan Gerung sebagai ibu kota Kabupaten Lombok Barat," kata Kepala Satuan Kerja Penataan Bangunan dan Lingkungan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi NTB Ananto di Giri Menang, Selasa (23/11).

Ananto yang ditemui saat ekspose program tersebut mengatakan pada 2011 DPU NTB mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp750 juta dari Kementerian Pekerjaan Umum.

Dana tersebut rencananya akan dibagi menjadi dua kegitan, yakni Rp500 juta untuk perencanaan renovasi Pura Lingsar termasuk jalan dan fasilitas pendukung lainnya.

"Sedangkan yang Rp250 juta akan dipergunakan untuk perencanaan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) dan lahan parkir di kawasan Gerung," katanya.

Ia menjelaskan, dana sebesar Rp750 juta tersebut merupakan dana tahap awal khusus untuk perencanaan, sedangkan pembangunan fisiknya akan dianggarkan secara bertahap mulai 2012 dan direncanakan berjalan hingga tiga tahun ke depan.

"Program ini bertujuan untuk menjaga, dan melestarikan cagar budaya yang ada di masing-masing kabupaten/kota di NTB, tanpa merusak bangunan asli," katanya.

Menurut Ananto, sebelumnya program renovasi cagar budaya di Kabupaten Lombok Barat sudah dilakukan terhadap Taman Narmada yang merupakan peninggalan Kerajaan Karang Asem yang berjalan selama empat tahun.

"Sementara program yang sedang berjalan saat ini adalah renovasi Taman Suranadi yang pada tahun 2011 akan mulai pembangunan fisik dengan dana Rp1,4 miliar," katanya.

Ia menambahkan, dalam setiap pelaksanaan program renovasi cagar budaya ini, pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan Badan Purbakala agar tidak menyalahi aturan. (Ant/OL-3)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com