Rabu, 03 Agustus 2011

12 Peserta BSBI Pelajari Seni & Tradisi Surabaya

Surabaya, Jatim - Untuk kesekian kalinya, Kota Surabaya dan propinsi Jawa Timur kembali mendapat kehormatan untuk menerima 12 peserta Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI), yang dijadwalkan akan belajar seni dan tradisi Kota Surabaya dan Jawa Timur. Ke 12 peserta BSBI tersebut diantaranya berasal dari beberapa negara berbeda diantaranya dari: Jepang, Tiongkok, Suriname, Timor Leste, Solomon, Samoa, Austria, Afrika Selatan dan Italia.

Mereka yang ditempatkan di Surabaya, kata Diaztiarni Azhar pimpinan Pelatihan dan Pengenalan Seni Budaya Jawa Timur, diwajibkan untuk ikut mempelajari berbagai hal tentang seni, tradisi dan budaya Jawa Timur.

“Mereka wajib mempelajari itu. Seni tari, kerajinan tangan, batik, serta budaya keseharian masyarakat Surabaya dan Jawa Timur juga menjadi bagian dari apa yang mereka pelajari,” tutur Diaztiarni.

Seperti tahun sebelumnya, para peserta BSBI nantinya juga diwajibkan untuk menampilkan keterampilan yang mereka pelajari selam amereka tinggal di Kota Surabaya.

Tujuan terpenting dari proses pembelajaran serta pelatihan seni, tradisi dan budaya dalam proses kepesertaan Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) adalah transfer pengetahuan dan pengalaman.

“Bahwa yang terpenting adalah pemahaman tentang betapa negeri ini sangat ramah, punya banyak kesenian, dan kekayaan alam yang indah, adalah bagian terpenting,” kata Diaztiarni Sabtu (4/6/2011).