Senin, 01 Agustus 2011

Pesta Kesenian Bali Pentaskan 334 Seni

Denpasar - Kegiatan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-33 akan mementaskan sebanyak 334 pertunjukan seni dan budaya yang akan digelar di Taman Budaya Denpasar, 10 Juni-9 Juli 2011.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Ketut Suastika, Jumat (3/6) mengatakan, pertunjukan seni dan budaya tersebut akan diisi di antaranya duta kabupaten/kota se-Bali, kesenian dari sejumlah provinsi di Indonesia dan partisipasi dari luar negeri.

"Panitia sudah menjadwalkan pementasan tersebut secara matang sehingga duta dari masing-masing kabupaten/kota sudah mengetahui kapan mendapatgiliran pentas mereka," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan sejak setahun untuk mengatur jadwal pementasan dengan harapan mampu menyajikan kesenian yang berkualitas.

"Untuk pengaturan acara di panggung disesuaikan dengan kondisi kesenian yang dipentaskan. Seperti pementasan sendratari, gong kebyar akan dipentaskan di panggung terbuka Ardha Candra," katanya.

Sedangkan untuk lomba merangkai bunga dan kuliner akan digelar di gedung Ksirarnawa kompleks Taman Budaya.

"Jadi, dari mulai pagi hingga malam hari akan ada pementasan kesenian maupun lomba yang berkaitan dengan tema PKB tahun ini, yaitu "Adaptasi Diri dalam Multikultur" (Desa, Kala, Patra)," katanya.

Suastika mengatakan, di Taman Budaya memiliki panggung utama yakni Ardha Candra, selain itu juga memiliki tempat pementasan kesenian yang lain, yaitu gedung Ksirarnawa, panggung Ayodya, Ratna Kanda, Angsoka, dan wantilan.

"Untuk kesenian berskala kecil, kata dia, seperti joged bumbung, wayang kulit, topeng, prembon dan kesenian dari berbagai daerah di Indonesia akan dipentaskan di panggung Ayodya, Ratna Kanda, Angsoka dan panggung Ksirarnawa," ujar pria asal Pergung, Kabupaten Tabanan itu.

Suastika menambahkan, untuk pengamanan di areal Taman Budaya pihaknya sudah berkoordinasi dengan Poltabes Denpasar, Satpol Pamong Praja Kota Denpasar dan Provinsi Bali serta pecalang desa adat setempat.

"Untuk keamanan di areal Taman Budaya pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan Poltabes, Satpol PP," katanya. (Ant/Ol-3)