Senin, 08 Agustus 2011

Rayakan Kekayaan Budaya di Chesham

London, Ingrgris - Komunitas Indonesia yang tergabung dalam Southeast Asian Community di Kota Chesham Inggris menggelar Southeast Asian Cultural Event di Chesham Park Community College, Minggu.

Kegiatan budaya ini diramaikan oleh berbagai pertunjukan kesenian dari negara-negara Asia Tenggara serta bazaar makanan dan kerajinan produk negara-negara Asia, seperti Jepang, India, Paksitan, Thailand dan tentunya Indonesia.

Sekretaris Satu KBRI London, Novan Ivanhoe Saleh kepada Antara London, Senin, menyebutkan dalam acara tersebut hadir sebagai tamu kehormatan, Walikota Amersham, Ibu Mimi Harker, anggota dewan Kota dan pejabat kepolisian wilayah Thames Valley.

Dalam sambutannya, Walikota Mimi Harker menyampaikan penghargaannya kepada komunitas Asia Tenggara di Chesham, sekaligus menekankan dukungannya atas upaya penguatan hubungan sesama warga melalui pendekatan budaya.

Berbagai pertunjukan kesenian dari Indonesia digelar pada pentas budaya ini, seperti antara lain tari Sekar Putri dari Jawa Barat, tari Rara Ngingel dari Yogyakarta, pertunjukan gamelan Jawa, demonstrasi gamelan dan angklung, serta lagu-lagu Melayu yang dibawakan kelompok band Indonesia dari London.

Dalam kegiatan ini, KBRI London memberikan dukungan penuh kepada komunitas Indonesia di Chesham, antara lain melalui peminjaman peralatan musik termasuk gamelan yang dimainkan anak-anak keturunan Indonesia di kota tersebut.

Sebelumnya, selama dua bulan para anak-anak ini telah berlatih musik gamelan setiap akhir pekan di KBRI London.

Ajang budaya ini telah dimanfaatkan KBRI London dengan membuka stand yang memamerkan produk-produk khas Indonesia dan mempromosikan Indonesia dengan cara membagikan brosur-brosur tujuan pariwisata di Indonesia kepada para pengunjung yang hadir.

Chesham adalah kota kecil dengan 20.000 penduduk terletak 44 KM sebelah barat kota London setiap tahunnya merayakan kekayaan budaya Negara Negara Asia yang berada di Kerajaan Inggris di Chesham, termasuk Komunitas Indonesia.