Selasa, 15 September 2009

Yuk Berburu Kue Kering Lebaran!

Jakarta -Lebaran masih dua minggu lagi, tetapi godaan untuk mulai berburu aneka kue kering spesial memang sudah nggak nahan. Apalagi saat melihat jejeran kue kering yang banyak dijual di toko grosir kue. Mulai kastangel, nastar, atau putri salju semua bisa dipilih sesuai budget dan selera!

Hari raya yang sudah semakin dekat membuat kesibukan mempersiapkan segala sesuatu semakin tinggi. Mulai dari bebersih rumah, mempersiapkan bingkisan, sampai persiapan jamuan untuk kerabat dan tamu. Buat yang tak ada waktu membuat sendiri kue-kue kering untuk lebaran nanti ada baiknya mulai bersiap untuk membeli kue lebaran. Kemana baiknya berburu kue kering lebaran?

Suasana meriah pernak-pernik lebaran sudah tampak di Pasar Mayestik yang ada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Rasanya hampir semua perlengkapan membuat kue lebaran sampai aneka kue kering lebaran tersedia disini. Meskipun memang keadaannya tidak senyaman di mal atau toko kue, tetapi buat mereka yang ingin membeli perlengkapan dengan harga murah meriah pasar ini layak dikunjungi.

Salah satu toko yang dipadati pengunjung adalah Toko P&D Melati yang ada di Pasar Mayestik. Toko grosir kue kering ini merupakan salah satu yang menjadi buruan masyarakat menjelang lebaran. Ada kastangel, nastar, puteri salju, sabit mede, sagu keju, sumpia, cococrunch coklat, dll yang dipamerkan dalam stoples-stoples plastik besar. Meskipun dijual tak terlalu mahal namun bentuk dan variasi kue kering ini cantik-cantik dan tak kalah dengan yang dijual di mal.

Biasanya untuk kue kering di Pasar Mayestik dijual berdasarkan kualitasnya yaitu KW1 atau KW2. Buat kue dengan kualitas nomor satu menurut penjual kue kering di Pasar Mayestik ini rata-rata dihargai mulai Rp 70.000,00 - Rp 80.000,00/kg. Tentunya harga ini lebih mahal karena bahan-bahannya dasar pembuatannya memakai wisman butter dan aromanya lebih wangi dan renyah. Sedangkan kue kering dengan kualitas nomor dua dihargai sekitar Rp 40.000,00 - Rp 50.000,00/kg.

Buat yang ingin membeli kue-kue ini untuk hantaran pun tak masalah. Pembeli bisa langsung membeli stoples yang banyak dijual di toko-toko dekat penjual kue kering dan kemudian minta diisikan kue-kue pilihannya kepada sang penjual. Biasanya untuk kue dengan kualitas nomor satu dihargai sekitar Rp 25.000,00 - Rp 30.000,00/stoples.

Untuk mempercantik kue kering hantaran stoples-stoples tersebut bisa ditata dalam box cantik untuk dijadikan parcel kue kering. Stoples plastik ini dihargai Rp 22.000,00 per lusin dan box dihargai mulai dari Rp 12.000,00/buah hingga puluhan ribu rupiah.

Nah, buat mereka yang ingin berburu kue kering grosiran untuk lebaran nanti berikut toko-toko kue kering yang bisa jadi alternatif untuk dikunjungi:

Pasar Mayestik:

Toko Grosir Kue Kering P&D Melati
Jl. Tangga Mas No.55, Lt. Dasar
Pasar Mayestik - Jakarta Selatan

Toko Sumber Mas
Pasar Mayestik Blok AKS No.43, Lt. Dasar
Jakarta Selatan

Toko Kita Isma Jaya
Pasar Mayestik Blok AKS No.63, Lt. Dasar
Jakarta Selatan

Pasar Senen:

Toko Kue Tan Ko Kiat
Pasar Senen Blok 3, Lt. Dasar
Jakarta Pusat
Telp: 021-4210663

Toko Estika Jaya
Pasar Senen Blok 3 Los E No.1, Lt. Dasar
Jakarta Pusat
Telp: 021-4210059

Toko Sinar
Pasar Senen Blok 3 Los E No.20-21, Lt. Dasar
Jakarta Pusat

Toko TSN
Pasar Senen Los B No.5, Lt. Dasar
Jakarta Pusat
Telp: 021-4212004

(dev/Odi)