Rabu, 28 Oktober 2009

Babel Kembangkan Wisata Religius

Jakarta - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengembangkan obyek wisata bernuansa religius sebagai upaya mewujudkan program Visit Babel Archi 2010.

“Babel memiliki sejumlah tempat ibadah yang cukup potensial dikembangkan menjadi obyek wisata religius,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Yan Megawandi di Pangkalpinang, Minggu.

Menurut dia, Babel memiliki berbagai tempat ibadah yang cukup menarik, unik dan memiliki nilai historis, seperti tempat ibadah Dewi Kwan Yin, masjid Agung serta beberapa tempat ibadah lainnya yang memiliki daya tarik tersendiri.

“Berbagai upaya dilakukan untuk mewujudkan program Visit Babel Archi 2010, tidak hanya mengembangkan obyek wisata alam seperti pantai, tetapi tempat ibadah diberdayakan sebagai objek wisata religius potensial,” ujarnya.

Untuk mengembangkan kawasan obyek wisata religius, kata dia, harus terus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota agar memiliki persepsi yang sama.

“Pengembangan sektor kepariwisataan di Babel harus dikoordinasikan dengan pemerintah kabupaten dan kota, karena kebijakan pemerintah daerah kabupaten dan kota sangat menentukan kemajuan perkembangan obyek wisata,” ujarnya.

Sehingga kata dia diperlukan langkah-langkah strategis dalam mengembangkan dunia kepariwisataan daerah

“Memang diakui infrastruktur harus terus ditingkatkan untuk memajukan dunia kepariwisatan Babel dan masyarakat juga berperan penting dalam menybukseskan program Visit Babel Archi 2010,” ujarnya.

Program Visit Babel Archi 2010, kata dia, cukup realistis mengingat Babel memiliki banyak kawasan obyek wisata menarik dan unik.

“Terutama obyek wisata pantai yang cukup menarik dan unik yang dihiasi pantai berpasir putih dan batu granit, ini tidak ditemukan di daerah lain,” ujarnya. (*an/ham)

Sumber: http://matanews.com