Rabu, 28 Oktober 2009

Obsesi Jadikan Takabonerate Obyek Wisata Terkemuka

Selayar - Grand launching Takabonerate Island Expedition 2009 dilakukan Gubernur Sulsel, H Syahrul Yasin Limpo, Sabtu (24/10). Ada obsesi tersendiri dari ajang ini, yaitu menjadikan Takabonerate sebagai obyek wisata bahari termuka di nusantara dan mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata Sulsel, Suaib Mallombassi pada grand launching yang dipusatkan di Lapangan Pemuda Benteng, mengatakan kegiatan ini menandai dimulainya perjalanan panjang wisata bahari kepulauan Selayar sebagai ikon pariwisata Sulsel dan Indonesia.

Grand lauching ini juga menjadi pengantar untuk memasuki pentas dan even yang berskala internasional, untuk mengantar Takabonerate menjadi salah satu obyek wisata bahari yang menarik bagi para wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara.

Untuk mewujudkan itu, menurut Suaib Mallombassi, tidaklah terlalu sulit. Dibanding wisata bahari Bunaken ataupun Wakatobi, obyek wisata Takabonerate memiliki kualitas yang lebih baik.

''Penelitian lembaga Coremap, ditemukan bahwa gret keragaman populasi terumbu karang dan jenis ikan Takabonerate masih lebih tinggi dibanding obyek wisata bahari lainnya. Gret Takabonerate 35, sementara Bunaken hanya 8 gret,'' ungkap Suaib.

Meski memiliki taman laut yang terindah di dunia, Kadisbudpar Sulsel menyadari bahwa menjadikan Takabonerate sebagai obyek wisata bahari terkemuka tidak semudah membalik telapak tangan. Perlu melibatkan lintas sektor, pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama untuk menjaga dan melindungi obyek secara terus menerus.

Selain Gubernur, grand launching juga dihadiri Wagub Agus Arifin Nu'mang, Ketua DPRD Sulsel HM Roem serta unsur muspida lainnya. Hadir juga Danlantamal VI Makassar, Laksamana Pertama Bambang Wahyuddin. Ratusan Saka Bahari juga terlibat dalam acara ini.

Gubernur tiba di pelabuhan Selayar dengan menggunakan KRI Makassar. Rombongan dijemput Bupati Selayar, Syahrir Wahab dan Wabup, Syamsina Aroeppala. ((K10/rus))

Sumber: http://www.beritakotamakassar.com