Rabu, 28 Oktober 2009

Promosikan Visit Batam lewat JOTA-JOTI

Batam - Selama tiga hari sejak Jumat (16/10) hingga Minggu (18/10) lalu digelar kegiatan Jambore On The Air (JOTA) Nasional ke-52 dan Jambore On The Internet (JOTI) ke-66 tahun 2009. Kegiatan ini diselenggarakan di Dataran Engku Putri dan dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota (Wawako) Batam, Ria Saptarika.

Ria Saptarika mengungkapkan rasa senangnya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Sebab, kata dia, dengan kegiatan ini bisa mensosialisasikan langsung kepada masyarakat. Selama ini kegiatan jambore lebih pada kegiatan fisik, namun kali ini dipadukan dengan jambore radio secara internasional dan internet secara internasional. Tujuan digelarnya JOTA-JOTI ini untuk mengenalkan teknologi pada anak-anak pramuka dan menghubungkan antara negara dibawah skop internasional.

”Di Batam kegiatan ini merupakan yang pertama. Peserta yang ikut serta sebanyak 300 orang dari tingkat SD hingga SMA. Untuk tingkat SD atau siaga, kita harapkan ini bisa membuka wawasan mereka,” kata Ria usai membuka kegiatan JOTA-JOTI.
Melalui komunikasi menggunakan media radio ini anak-anak bisa berkomunikasi dengan dunia dan mereka akan mendapatkan QSL Card. Adapun hal yang akan dikomunikasikan yakni terkait ikon dari masing-masing daerah. Untuk Batam, anak-anak pramuka akan mempromosikan kegiatan Visit Batam 2010.

Kegiatan ini diikuti oleh Kwartir Cabang 3203 Gerakan Pramuka Batam dan bekerja sama dengan Organisasi Amatir Radio (ORARI) Lokal Batam, Batam Bloger Comunity (BBC) dan kelompok pecinta alam. Kwartir Nasional meminta Kwartir Daerah untuk menyelenggarakan kegiatan JOTA-JOTI ditingkat Kwarda. Melalui kegiatan ini anggota pramuka dapat melakukan sharing kegiatan baik melalui udara maupun internet.

Melalui kegiatan JOTA-JOTI ini, maka seluruh peserta dapat melakukan hubungan di bidang kepramukaan dengan seluruh peserta pramuka yang ada di dunia, baik melalui media radio maupun internet. Ria Saptarika yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Batam mengharapkan melalui kegiatan JOTA-JOTI ini dapat terwujud persaudaraan dengan dunia luar. Tujuan digelarnya kegiatan JOTA-JOTI ini agar peserta lebih terampil dan lebih mengenal perkembangan teknologi informasi baik melalui radio maupun internet.

Di tingkat Asia Pasifik kegiatan JOTA-JOTI ini telah dibuka pada Jumat (31/7) sampai dengan Minggu (2/8) 2009. Dalam kegiatan tingkat Asia Pasifik ini mempertemukan anggota pramuka seluruh Indonesia dan Asia Pasifik dengan menggunakan media radio dan internet. (a)

Sumber: http://batampos.co.id