Rabu, 21 Oktober 2009

Wakil Rakyat Kaltim Menyelam di Perairan Pulau Derawan

Tanjung Redeb - Anggota DPRD Kaltim melakukan penyelaman untuk melihat keindahan terumbuh karang dan ikan di perairan Pulau Derawan. Mereka adalah Gamalis, Bahrik Buseng, Safaruddin, Sofyan Nur, Masita, M Adam, dan Ismail, yang menghadiri undangan HUT ke 56 Kabupaten Berau dan HUT ke 199 Tanjung Redeb.

“Kami benar-benar kagum keindahan Pulau Derawan. Terutama ketika melakukan penyelaman di bawah air laut. Nampak jelas terumbuh karang dan sejumlah sepesis ikan yang ada di dalamnya,” ungkap Gamalis diamini rekan-rekannya.

Mereka mengaku ketagihan dan berjanji akan kembali setelah melakukan tugas di Samarinda. Bahkan mereka merencanakan rapat koordinasi di Pulau Derawan. Anggota dewan yang baru rata-rata dari kalangan pengusaha, LSM, dan mantan anggota DPRD Kaltim itu sudah pernah mengunjungi Pulau Bunaken di Manado, Pulau Bali, danau Toba dan sejumlah pulau lainnya. Namun mereka mengaku takjub melihat keindahan Pulau Derawan di dalamnya.

“Ini baru Pulau Derawan. Belum lagi sejumlah pulau seperti Pulau Kakaban yang di tengah-tengah pulau ada Danaunya yang terkenal akan ubur-uburnya. Belum lagi Pulau Sangalaki, Maratua, Nabuko, Pulau Bakungan dan beberapa pulau lainnya,” jelas Adam.

Mereka berharap agar Pemkab Berau benar-benar mengelola aset yang tak ternilai tersebut. Terutama melakukan pengelolaan kebersihan, keindahan alam yang dimiliki Pulau Derawan, dan terus menjaga lokasi yang merupakan kawasan penyelaman. Pengelolaan juga perlu melibatkan masyarakat yang ada disekitar Pulau Derawan agar sama-sama menjaga dan melakukan pengawasan.

Belum lagi jika terlihat sejumlah penyu hijau yang sedang asyik makan daun pisang dan rumput. Melihat ini semua mereka sebenarnya masih ingin berlama-lama lagi di Berau. Mereka pun berencana kembali ke Pulau Derawan dan menjadikan objek wisata Bahari yang menjadi andalan Kaltim.

Wakil rakyat Kaltim itu juga berjanji memberikan bantuan terutama memberikan aspirasi di DPRD Kaltim guna memajukan pembangunan di Berau dan beberapa kabupaten lainnya yang mempunyai potensi yang dapat diandalkan. “Kami akan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Pemkab Berau terutama masalah pembangunan dan melestarikan objek wisata bahari yang dimiliki,” ujar Syarifuddin.

Syarifuddin juga berjanji membantu mempromosikan objek wisata Berau dengan cara jika mereka berkunjung ke sejumlah kota di Indonesia, mereka akan mengenalkan Kabupaten Berau terutama keindahan Pulau Derawan dan pulau-pulao lainnya. (bm)

Sumber: http://www.kaltimpost.net