Rabu, 17 Maret 2010

Batik Ibu Negara Dipajang di Canberra

Jika Anda berkunjung ke National Gallery of Australia yang berlokasi di kawasan Parkes, dekat Gedung Parlemen Australia di Canberra, Anda bisa melihat dua koleksi baru yang dipajang di dinding galeri.

Ada kain batik tulis motif Sekar Jagad dari Yogyakarta dan kain songket Klungkung dari Bali. Keduanya adalah hadiah dari Ibu Negara Ani Yudhoyono yang berkunjung ke Galeri tersebut pekan ini.

“Kedua kain itu benar-benar dari koleksi pribadi saya,” kata Ani seperti dilansir VIVAnews. “Batik motif Sekar Jagad sebenarnya ada dari Solo, Madura bahkan Pekalongan. Karena saya berasal dari Yogyakarta, maka saya memilihkan batik Yogya,” kata Ibu Negara.

Koleksi batik Ibu Negara lumayan banyak dan beberapa di antaranya adalah koleksi langka yang pernah dipamerkan di Alun-Alun, Grand Indonesia, bersamaan dengan pameran batik koleksi Ann Dunham, ibunda Presiden AS Barack Obama yang pernah tinggal di Indonesia. Ibu Negara berharap lewat kain asli Indonesia, masyarakat Australia lebih mengenal budaya Indonesia.

Meski pemerintah Australia masih mengenakan travel adversary atau anjuran tak berkunjung ke Indonesia karena alasan keamanan, jumlah turis ke Indonesia, terutama ke Bali, tak pernah surut. Jumlahnya lebih dari 400.000 tahun lalu.

Itu sebabnya, Ibu Ani memilihkan koleksi songket Klungkung Bali, menemani batik Sekar Jagad Yogya untuk dipamerkan di Galeri Nasional. Keduanya dipajang di seksi Asia Tenggara.

Sumber : http://sosialbudaya.tvone.co.id