Rabu, 17 Maret 2010

Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Dijual di Jerman

Berlin - Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko yang menjadi warisan dunia tampil di pameran pariwisata internasional ITB Berlin, Jerman. Tiga candi itu pun dijual.

Presiden Direktur PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko Purnomo, Siswoprasetjo di London, Minggu (14/3), mengatakan kehadiran PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko di ITB Berlin sebagai upaya memperkenalkan peninggalan sejarah ketiga candi di Jawa Tengah tersebut.

Ia ingin memperkenalkan ketiga candi yang ditetapkan UNESCO sebagai "World Heritage" (warisan dunia) kepada wisatawan Eropa, khususnya Jerman. Maklum selama ini wisatawan Jerman hanya tahunBali.

Selam pameran, PT Taman Wisata Candi Borobudur menampilkan demo membuat wayang kulit yang dibawakan perajin dari Kraton Jogyakarta, Sagio. "Diadakannya demo membuat wayang diharapkan akan dapat menarik minat wisatawan yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai kebudayaan Indonesia. Selama pameran berlangsung kita merasa puas dengan banyaknya respon masyarakat Eropa,"

Tak hanya itu, proyek multimedia interaktif Prambanan, Borobudur dan Candi Bokor berisi berbagai cerita mengenai seluruh relief yang terdapat diseluruh dinding candi. "Masuk ke dalam multimedia interaktif itu orang seperti berjalan di lorong lorong candi.

Ia mengharapkan, proyek yang membutuhkan waktu dua sampai tiga tahun itu akan menjadikan kisah Borobudur, Prambanan dan Candi Boko mudah difahami dan dimengerti oleh masyarakat maupun turis asing.

"Selain itu kita berharap, Borobudur dapat menjadi lokasi syuting dalam pembuatan film Holywood dengan keikutsertaan dalam pameran pariwisata terbesar di dunia, ITB Berlin ini," pungkasnya. [*/aji]

Sumber: http://www.inilah.com