Rabu, 17 Maret 2010

Lombok Siap Jadi Tuan Rumah IMCTM 2010

SETELAH sebelumnya Yogyakarta yang menjadi tuan rumah, tahun ini pelaksanaan Indonesia MICE (Meetings, Incentive, Conventions & Exhibitions) & Corporate Travel Mart (IMCTM 2010) akan digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 6 - 9 Mei 2010 mendatang.

Bertempat di Sentosa Villas and Senggigi Beach Resort, IMCTM 2010 yang merupakan acara tahunan berskala internasional ini diadakan dengan tujuan untuk mendukung program pemerintah yaitu Visit Indonesian Year.

"Program ini diadakan memang untuk membantu pemerintah dalam rangka menaikkan target kunjungan wisatawan mancanegara sekitar tujuh juta di tahun 2010, maka diharapkan IMCTM 2010 ini dapat mengakomodir promosi potensi MICE, khususnya dunia pariwisata di Indonesia," ujar Panca Rudolf Sarungu selaku Ketua Penyelenggara IMCTM 2010 kemarin (10/3) di Jakarta.

Selain itu Panca juga menambahkan, Diestimasi IMCTM 2010 akan melibatkan 1.500 sesi bisnis atau meningkat 50 persen jika dibandingkan dengan IMCTM 2009 di Yogyakarta, karena bertambahnya jumlah pembeli (buyer) menjadi 200 orang. Dari daftar buyer tersebut 80 persen di antaranya merupakan korporasi lokal, sisanya berasal dari Australia, China, Malaysia, Singapura dan Korea Selatan.

"Sedikitnya ada 150 pihak resor, tempat konvensi dan penyedia fasilitas MICE menjadi pihak seller yang bertemu dalam format one to one table top session dengan pihakbuyer," lanjutnya.

Yang juga menarik pada pelaksanaan IMCTM 2010 ini adalah hadirnya Bali yang juga tidak mau ketinggalan turut ambil bagian.

Korporasi lokal
Keikutsertaan Bali dalam IMCTM 2010 di Lombok mendatang, diharapkan mampu menarik wisatawan asing di tahun ini dengan target 2,1 juta orang. Keyakinan ini diperkuat karena tiap tahun tempat-tempat penginapan seperti hotel, resor, dan villa serta rumah makan dan agen-agen perjalanan di Bali kian marak.

Dibanding pelaksanaan tahun lalu di Yogyakarta, estimasi sesi bisnis yang terjadi akan menjadi 15 ribu atau meningkat sebesar 15% seiring dengan bertambahnya jumlah pembeli (buyer) menjadi 200 buyer. Dari daftar buyer tersebut 80% adalah buyer korporasi lokal, dan sisanya berasal dari Singapura, China, Malaysia, Korea Selatan dan Australia.

Terpilihnya Lombok untuk penyelenggaraan IMCTM tahun ini adalah sesuai kesepakatan pemerintah dan asosiasi INCCA (Indonesian Congress and Convention Association) bersama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata melaksanakan komitmennya dalam rangka mendukung Pemda NTB untuk program Visit Lombok Sumbawa 2012. (*/OL-08)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com